IKUTI
SEKILAS INFO
  • 1 tahun yang lalu / TOUR PULAU GILI Nanggu adalan salah satu tour pantai terpavorit di Lombok, berlokasi di sebelah barat selatan pulau Lombok, Gili Nanggu menyajikan pemandangan pantai yang berbeda dengan Gili lain-nya.
  • 1 tahun yang lalu / wisata bawa laut yang indah
  • 1 tahun yang lalu / Paket Promo akhir bulan  lombok piknik
KABUPATEN LOMBOK TIMUR

KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Oleh : lombok - Kategori : NEWS / OBYEK WISATA LOMBOK
15
Apr 2018

PANTAI KALIANTAN Pantai Kaliantan merupakan salah satu kawasan wisata dibagian selatan Kabupaten Lombok Timur tepatnya di wilayah Kecamatan Jerowaru terkenal dengan panorama yang indah dan lokasi selancar air atau surfing. Selain daya tarik panorama alam pantai Kaliantan maka salah satu Atraksi Wisata yang dimiliki Pantai Kaliantan adalah adanya kegiatan seremonial budaya berupa upacara Bau Nyale. Bau Nyale merupakan pesta rakyat untuk menangkap hewan laut berupa/sejenis cacing laut. Acara ini berlangsung antara bulan Februari – Maret dimana hampir sebagian penduduk pulau Lombok datang ke pantai ini untuk mengikuti berbagi rangkaian acara yang diselenggarakan oleh sebagian masyarakat Lombok, Nyale atau hewan laut sejenis cacing ini menurut kepercayaan sebagian masyarakat sekitar memiliki khasiat dan dapat membawa berkah, misalnya akan dapat mengusir berbagai macam penyakit/hama tanaman yang ada di ladang, sehingga dipercaya dapat meningkatkan hasil pertanian.

TANJUNG BELOAM merupakan daerah konservasi penyu yang berhabitat disekitar tebing-tebing dan sepanjang garis pantai yang membentang dari ujung selatan dan Utara. Lokasi Tanjung Bloam ini dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda empat sampai ke lokasi tujuan. Tanjung Bloam dapat ditempuh melalui route yang sama dengan Pantai Kaliantan, karena jaraknya relatif dekat dari Pantai Kaliantan.

GILI SUNUT terletak di Dusun Temeak Desa Pemongkong Kec. Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Gili Sunut merupakan Kawasan yang memiliki garis sejajar dengan Kawasan Tanjung Ringgit. Kondisi fisik kawasan pantai ini cenderung landai, berpasir putih dengan tekstur butiran seperti merica dengan karakter air yang tidak berombak dan relatif tenang, karena terdapat pulau-pulau/gili-gili kecil sebagai penghalang ombak samudra Indonesia/Hindia. Kondisi inilah yang sangat mendukung untuk pengembangan atraksi wisata berupa rafting, banana split atau kegiatan wisata pantai, menyelam, maupun sekedar menikmati panorama pemandangan alam. Ditengah pantai terdapat tiga pulau yang oleh masyarakat setempat disebut dengan Gili Petelu. Saat ini Gili Sunut dihuni oleh 109 kepala keluarga dengan mata pencaharian utama adalah sebagai nelayan. Kondisi umum Gili Sunut dalam mendukung kegiatan wisata cukup potensial terutama untuk pengembangan wisata dan pengembangan usaha budidaya mutiara.

TANJUNG RINGGIT (Pantai Fotografer) Tanjung Ringgit berada di ujung Timur-Selatan Pulau Lombok, Tanjung Ringgit menghadap ke pulau Sumbawa. Alamnya sungguh menakjubkan, indah, tidak sia-sia menempuh jalan yang berliku dan cukup sulit untuk mencapai Tanjung Ringgit. Dari tempat ini kita juga dapat menyaksikan Rinjani yang menjulang tinggi di kejauhan. Begitu banyak aktivitas yang dapat anda lakukan di sini, mulai dari hunting foto (sunrise di Tanjung Ringgit sangat indah), menyusuri lereng perbukitan, menguji keberanian dengan melompat dari ujung tebing ke laut yang dalam dan di lokasi ini pula terdapat beberapa senjata peninggalan perang dunia II tahun 1942 seperti Meriam dan beberapa goa tempat persembunyian.

GILI KONDO Pulau kecil ini terletak di Perairan Kecamatan Sambelia (50km utara kota Selong) dan dapat dicapai melalui pantai transat di Kecamatan Sambelia (sekitar 25 menit) dan pelabuhan Kayangan Labuhan Lombok (sekitar 45 menit). Meski di pantai transat pasirnya berwarna hitam namun di gili lampu dan beberapa gili di sekitarnya berpasir putih. Di gili tidak berpenghuni ini, kita bisa menikmati alam bawah laut dengan snorkeling. Selain gili bagek, ada pula gili petagan dan gili-gili lainnya yang berada di sekitar kawasan tersebut. Untuk pengembangan pulau-pulau kecil ini sesuai dengan tata ruang wilayah Provinsi NTB tidak ada pembangunan fisik di Pulau itu, namun hanya menjadi tempat tujuan wisata.

GILI SULAT merupakan pulau kecil (gili) yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai tujuan wisata alam (eco tourism) karena memiliki potensi berupa hutan bakau dan taman bawah laut yang sangat indah. Keseluruhan kedua gili ini terdiri dari hutan bakau namun sebenarnya ada juga sebagian kecil yang merupakan pasir putih, dan pada musim tertentu kawanan lumba-lumba akan menampakkan diri di daerah ini.

SEMBALUN berlokasi di sebelah utara timur pulau Lombok merupakan salah satu gerbang menuju puncak Gunung Rinjani dan danau Segara Anak, selain itu sembalun juga mempunyai banyak kebudayaan salah satunya adalah Bale Baleq yang merupakan kebudayaan dari masa lampau yang masih terus dilestarikan sampi sekarang dan beberapa sejarah tentang kebudayaan islam serta kerajaan Majapahit. Di Sembalun ini juga terdapat beberapa jenis buah buahan seperti strowberi.

TETEBATU merupakan objek wisata yang berada pada ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Dengan pemandangan dan suasana udara di pedesaan, anda dapat mengenal dan mengetahui bagaimana kehidupan penduduk desa di Tete Batu ini. Di sini terdapat beberapa akomodasi seperti hotel Soedjono dan Green Orry Cottage yang menyediakan penginapan dengan kamar yang bagus dan restoran. Menginap di Tete Batu merupakan pilihan terbaik untuk menikmati semua pemandangan di sekitar penginapan ini seperti air terjun Otak Kokoq, air terjun Aik Temer dan lain-lain.

OTAK KOKOQ merupakan salah satu objek wisata yang terkenal dengan air terjunnya yang dipercaya dapat menyembuhan berbagai macam penyakit kulit. Untuk membuktikan adanya suatu penyakit pada seseorang air terjunnya akan berubah menjadi keruh seperti Lumpur dan apabila airnya jernih maka tidak ada penyakit pada orang itu. Di tempat ini kita akan menemukan dua kolam renang untuk mandi. Selain itu di objek ini terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan pernak pernik kerajinan khas Lombok. Pemandangan alam di objek ini cukup bagus, tak heran jika objek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada hari libur.

0 Komentar