SEKILAS INFO
  • 4 bulan yang lalu / Selamat datang di lombok-piknik.com, website resmi PT. LOMBOK PIKNIK INDONESIA yang menyajikan berbagai macam informasi wisata Lombok dan tour Lombok.
  • 5 bulan yang lalu / BIG promo tahun 2020……!!! rencanakan liburan anda dengan keluarga dan dapatkan harga spesial tahun 2020.
  • 5 bulan yang lalu / Pulau Gili – Adalah pulau kecil yang terkenal dengan wisata bahari dan menjadi icon wisata Lombok, keindahan terumbu karang menjadi magnet bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Lombok.
Desa Tradisional Sade

Desa Tradisional Sade

Oleh : lombok piknik - Kategori : NEWS / OBYEK WISATA LOMBOK
2
Jul 2020

DESA TRADISIONAL SADE

Jika berlibur ke Pulau Lombok, jangan lewatkan untuk mengunjungi salah satu Desa tradisional yang sangat terkenal di penjuru Nusantara yaitu Desa tradisional Sade yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, berjarak hanya sekitar 25 menit dari Bandara Internasional Lombok.

Desa Sade dihuni oleh sekitar 150 kepala keluarga yang merupakan Suku Asli pulau Lombok yaitu Suku Sasak Lombok.

Dibandingkan dengan desa lainnya, Desa Sade mempunyai keunikan tersendiri yaitu meski berlokasi di pinggir jalan menuju ke pantai Kuta Lombok, namun penduduk setempat tetap memegang teguh dan menjaga keaslian Desa mereka serta mempertahankan adat istiadat yang diwariskan oleh leluhur mereka. Boleh dikatakan bahwa Desa Sade merupakan cerminan Suku asli Lombok walaupun  beberapa program pemerintah sudah sudah masuk ke Desa Sade.

Rumah tradisional Suku Sasak Lombok
Keunikan lainnya yang bisa kita lihat di Desa Sade yaitu Rumah tradisional Lombok atau dalam bahasa sasak disebut “Bale Tani”. Bale Tani adalah Rumah dimana lantai dan temboknya dibuat dari campuran tanah liat, pasir dan kotoran kerbau. Sedangkan atap rumah terbuat dari anyaman rumput alang alang yang tersusun rapi. Bagian dalam rumah terdiri dari dua ruangan yaitu ruang utama sebagai tempat tidur, memasak dan bersantai. Satu ruangan kecil yang letaknya di bagian dalam digunakan sebagai ruangan bulan madu bagi pengantin baru. Pada halaman depan rumah ada bangunan kecil disebut Lumbung yang digunakan untuk menyimpan hasil Bumi sebagai persiapan dimusim panas.

Agama dan Adat Istiadat

Semua Masyarakat di Dusun Sade memeluk Agama Islam sejak dulu, sama halnya dengan beberapa daerah lainnya yang ada di Lombok. Ini dibuktikan dengan adanya sebuah Masjid di tengah tengah Dusun Sade sebagai tempat melakukan ibadah dan kegiatan kegiatan keagamaan lainnya. Suasana Islami akan terlihat disaat menjelang magrib dimana semua anak anak pergi ke Masjid untuk shalat berjamaah dan belajar mengaji sampai menjelang waktu shalat Isya’.

Selain kental dengan nuansa Islami, Masyarakat Desa Sade juga terkenal memegang teguh adat istiadat yang diwariskan oleh leluhur mereka. Salah satu budaya yang masih dijalankan yaitu adat menikah dengan melarikan anak gadis orang atau lebih dikenal dengan kawin lari. Yaitu sebuah tradisi menculik anak gadis untuk dinikahkan dan tradisi ini dianggap legal dan berlaku di beberapa desa di Lombok.

Dalam tardisi pernikahan di desa Sade dianjurkan untuk menikah dengan keluarga terdekat yang satu kampung seperti misan, keponaan atau sepupu. Apabila terjadi pernikahan di luar kampung tersebut maka akan dikenakan denda yang besar berupa penyerahan hewan ternak dan hasil Bumi.

Aktifitas
Dalam kesehari hariannya masyarakat Desa Sade melakukan aktifitas utamanya yaitu bertani dan beternak sebagaimana layaknya masyarakat Desa lain-nya. Dalam satu tahun mereka bisa menuai padi 2 kali selama musim penghujan dan saat musim kemarau biasanya mereka menanam Kacang, Kedelai dan Jagung. Semua hasil pertanian sebagian dijual dan sebagian disimpan untuk persiapan musim panas atau biasa disebut musim paciklik.

Desa Sade sebagai destinasi wisata

Pemerintah daerah dan semua pelaku wisata menempatkan Desa Sade ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan dan mengikut sertakan dalam agenda paket wisata. Tidak heran tingkat kunjungan wisatawan ke Desa Sade ini meningkat dari tahun ke tahun, ini bisa dilihat dari daftar kunjungan wisatawan yang tertera dalam buku tamu artinya secara tidak langsung akan berdampak pada perekonomian Masyarakat setempat.

Bagi Anda yang masih penasaran, silahkan menghubungi kami untuk mendapatkan penawaran husus paket tour ke Desa Sade dan beberapa destinasi menarik lainnya di Pulau Lombok, cukup dengan mengirimi WhatsApp ke nomor +62 813 397 676 97 atau melalui email ke info@lombok-picnic.com

 

TOUR HARIAN YANG POPULAR

[ Gili Trawangan Tour ] [ Gili Nanggu Tour ] [ Wisata budaya Sasak Lombok ] [ Tour Air terjun ]

0 Komentar

INFO TAUTAN PENTING

LOMBOK PIKNIK TOUR

Kami merupakan salah satu agen travel wisata di Lombok yang mempunyai ijin operasional resmi atas nama PT. Lombok Piknik Indonesia.

Dapatkan berbagai informasi wisata dan harga paket wisata Lombok yang menarik dan spesial bersama kami Lombok Piknik Tour.

Nama : PT. LOMBOK PIKNIK TOUR
License no : 503.B3/2645/PK/BPMP2T-LB/VII/2015

Jalan Otomotif Raya Montong, GG Onor 01/04
Meninting, Batu Layar Lombok Barat 83355
Telp. +62 370 619 4138
WhatApp. +62 813 397 676 97
Email. info@lombok-picnic.com